Cara Menurunkan Berat Badan untuk Anda yang Hobi Makan



Cara Menurunkan Berat Badan untuk Anda yang Doyan Makan
Ketika ingin tahu cara menurunkan berat badan, banyak orang memakai cara mengurangi porsi makan, atau malah mengurangi jumlah frekuensi makan. Padahal, ada tipe orang yang memang seneng atau lahap makan. Untuk orang seperti ini, membatasi makanan adalah hal yang menyusahkan dan menjadi sulit untuk dilaksanakan.

Padahal, Kalian bisa kok, menurunkan berat badan dengan tetap makan makanan yang Anda suka. Anda hanya memerlukan konsisten untuk memilih sumber dan bahan makanan yang baik untuk asupan harian.

Cara menurunkan berat badan jika Anda doyan makan:

1. Pilih karbohidrat yang mengandung banyak serat



Sembari memenuhi nafsyu yang selalu ingin makan, ada baiknya Anda pelan-pelan mengganti karbohidrat Anda menggunakan makanan yang berbahan dasar gandum utuh (whole wheat). Cobalah ganti makanan pokok sehari-hari seperti nasi putih atau roti tawar, dengan roti gandum dan nasi merah.

Makanan yang terbuat dari gandum dan biji-bijian tersebut sehat jika dimakan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, kandungan serat dalam gandum mampu membuat tubuh Anda kenyang tahan lama, sehingga dapat menjadi cara ampuh untuk menurunkan berat badan. 

2. Makan menggunakan piring kecil


Makan menggunakan piring kecil bisa membuat Anda tetep bisa makan makanan yang Anda suka, akan tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Para peneliti di University of Groningen mengmati bahwa piring yang 70% terlihat penuh, memang lebih disukai saat makan.

Jadi, memakai piring kecil bisa membuat seakan-akan piring Anda telah penuh. Padahal jika dituangkan ke piring normal, porsinya lebih sedikit. Ini juga sekaligus bisa mengurangi asupan kalori berlebih. Anda pun bisa makan dengan jumlah yang tidak sedikit tanpa harus bikin jarum timbangan bergerak ke arah kanan.

3. Rubah makanan manis dengan bahan pengganti yang lebih sehat lainnya


Menurunkan gula adalah salah satu cara yang wajib diterapkan sebagai langkah menurunkan berat badan. Bagi Anda yang hobi dan suka makan, hal ini mungkin dirasa agak sulit.

Tapi tgak usah khawatir, Anda masih dapat makan makanan manis dengan mengganti gula menggunakan bahan pemanis alami, salah satu contohnya pemanis dari daun stevia.

Tanaman stevia ini merupakan bahan pemanis alami yang bebas gula serta mengandung nol kalori, bagus untuk penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, daun stevia memiliki kandungan rasa lebih manis dari gula, sehingga aman, cocok dan sehat untuk Anda yang senang makan makanan manis.

4. Minum dua gelas air putih sebelum makan



Minum air putih sebanyak 2 gelas sebelum makan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang saat makan. Minum air merupakan cara lain agar makan lebih sedikit dan mengurangi berat badan. Menurut beberapa penelitian, kebiasaan minum air cukup sebelum makan ini sukses untuk mengurangi berat tubuh pada orang gemuk.

5. Banyak makanan makanan mengandung protein



Salah satu cara yang satu ini terbukti cukup ampuh untuk mengurangi berat badan dan membentuk massa otot tubuh. Makanan yang tersusun atas protein seperti daging merah, ayam, whey protein dan susu merupakan nutrisi penting dalam menjaga otot saat Anda sedang mencoba mengurangi lemak, sehingga tidak mengakibatkan tubuh kurus dengan lemak berlebih. 

Para ahli juga menyarankan untuk mengatur waktu makan yaitu setiap 3-4 jam. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan tubuh tetap sehat.

6. Perbanyak gerak disetiap hari.


Meskipun Anda makan sebanyak apapun, tapi jika Anda tidak bergerak dan beraktivitas cukup, penurunan bobot tubuh sepertinya mustahil. Maka dari itu, biasakan tubuh Anda bergerak perlahan demi perlahan.

Anda dapat memulai dengan langkah kecil seperti berjalan ke warung, atau memilih naik lewat tangga ke dibanding naik lift ke lantai tempat kantor Anda bekerja. Jika Anda lebih banyak bergerak, hal itu juga mampu membuat tubuh membakar kalori secara stabil.

7.  Tidurlah dengan cukup


Menurut penelitian dari Columbia University, jika Anda kurang tidur 7 jam dalam sehari, hal itu dapat menyusahkan proses diet Anda. Pasalnya, saat Anda tidak tidur dan begadang, tubuh bisa menciptakan hasrat lapar dan keinginan untuk makan.


Selain itu ada banyak studi juga yang membuktikan saat tubuh merasa lelah, Anda juga akan jadi banyak makan. Maka, coba atur kebutuhan istirahat tubuh, agar proses menurunkan berat badan Anda tida berkendala tanpa harus menahan rasa lapar.