5 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana

Bencana gempa bumi hingga gunung berapi yang kerap kali mengalami erupsi tak pelak membuat masyarakat kita panik dan ketakutan. Apalagi, kita terkadang kesulitan untuk mengetahui kapan suatu bencana itu bisa terjadi, selain melihat tanda-tanda yang umum seperti perilaku para hewan yang berubah drastis.


Namun, di zaman yang serba modern seperti sekarang, Anda bisa mengetahui informasi tentang potensi terjadinya bencana di wilayah tempat tinggal Anda, hingga di seluruh dunia melalui aplikasi yang bisa diunduh lewat HP. Nah, Kami akan memberikan rekomendasi 5 aplikasi informasi gempa dan bencana yang bisa Anda jadikan panduan agar lebih waspada akan terjadinya bencana. Aplikasi apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Info BMKG
Tahukah Anda, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika alias BMKG punya aplikasi informasi gempa dan bencana yang dinamakan Info BMKG. Aplikasi ini punya beberapa fitur berupa informasi tentang bencana gempa bumi terkini.

Info BMKG bisa memberikan Anda pengetahuan tentang bencana gempa bumi dengan kekuatan lebih dari Magnitudo 5.0 dalam waktu yang sangat singkat, yakni 5 menit. Selain informasi tentang gempa bumi, Anda juga dapat mengetahui informasi tentang peta iklim, kualitas udara, cuaca bandara, informasi tentang kebakaran hutan dan lahan hingga cuaca jalur mudik.

Anda juga akan diberikan notifikasi berupa peringatan dini cuaca di beberapa provinsi di tanah air. Dengan aplikasi ini, Anda pun dapat menyaksikan siaran pers resmi dari BMKG. Tertarik untuk mencoba?

2. InDRA BNPB
Bukan hanya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saja yang punya aplikasi tanggap bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga punya aplikasi serupa, lho. InDRA namanya. InDRA (Indonesia Disaster Rapid Assessment adalah aplikasi pendeteksi dini bencana yang bisa membantu masyarakat dan relawan serta petugas BPBD untuk mengetahui dan melaporkan peristiwa bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air secara cepat.

Selain itu, pengguna aplikasi juga bisa mengetahui berapa jumlah kejadian bencana yang terjadi, berapa banyak fasilitas, rumah rusak dan korban jiwa yang ditimbulkan oleh bencana tersebut. Pengguna aplikasi InDRA juga akan memperoleh informasi tentang kondisi cuaca.

Berdasarkan penuturan dari lensa.news, untuk menggunakan aplikasi InDRA, Anda perlu melapor pada petugas BPBD yang mengelola aplikasinya.

3. EQInfo
EQInfo adalah sebuah aplikasi informasi bencana yang dibekali berbagai fitur bermanfaat. Misalnya berupa peta gempa bumi terbaru, informasi bencana gempa bumi dengan besaran magnitude hingga wilayah yang terdampak gempa.

Aplikasi EQInfo ini memperoleh informasi tentang bencana gempa bumi dari berbagai lembaga seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), Spanish National Geographic Institute (IGN) dan beberapa lembaga lainnya.

4. MAGMA Indonesia
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi punya aplikasi MAGMA Indonesia, lho. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi bencana yang terjadi di Indonesia, mulai dari bencana yang berhubungan dengan gunung berapi, gempa bumi, tsunami hingga gerakan tanah.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur interaktif juga. Di antaranya adalah peta bencana geologi hingga community reporting system yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan bencana geologi yang terjadi di wilayahnya. Penasaran ingin mencoba aplikasi MAGMA Indonesia?

5. inaRISK
Selain aplikasi InDRA (Indonesia Disaster Rapid Assessment, BNPB juga meluncurkan aplikasi lainnya, yakni inaRISK. Dikutip dari kompas, aplikasi yang bisa membantu pengguna mengetahui potensi dan risiko bencana di wilayahnya masing-masing ini merupakan hasil kerjasama dari BNPB. BMKG hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Nah, lewat aplikasi ini Anda bisa mengetahui risiko dari bencana-bencana seperti gempa bumi, banjir bandang, letusan gunung berapi sampai tanah longsor dan gelombang tsunami yang bisa melanda daerah tempat tinggal Anda. Anda hanya perlu memasukkan nama daerah tempat Anda tinggal untuk bisa mendapatkan informasi mengenai risiko bencana-bencana tadi.